Minggu, 03 Juni 2012

SEJARAH


            Menurut saya, sejarah adalah suatu kejadian atau eksperimen peristiwa dimasa yang sudah lalu atau lampau. Sebenarnya bila dicermati tentang peristiwa masa lalu atau dikatakan sejarah ini, banyak memiliki arti yang sangat mendalam. Bahwa kejadian masa lalu yang tidak dapat terulang, tidak akan bisa terjadi dua kali. Kecuali kita dapat menayangkan kembali melalui media-media atau dokumen-dokumen yang sudah di documenter. Dengan begitu kita dapat membuktikannya bahwa pada saat itu telah terjadi peristiwa. Hanya saja kita tidak dapat membuktikan secara real, tetapi kita dapat berangan-angan saja sehingga kita sampai merasakan kejadian waktu itu seperti apa dengan melalui rekaman video dan media-media yang lain.
          Tidak salah orang berpendapat tentang bagaimana sejarah itu , karena dengan adanya sejarah,  orang tidak bisa mengklarifikasikan sejarah itu seperti apa, orang hanya bisa berangan-anagan saja dan menceritakannya dengan versi yang berbeda-beda. 

         Misalkan saja sosok Ken Dedes itu sendiri seperti apa, kita bisa membayangkan bahwa diceritakan Ken Dedes itu sangat cantik. Tapi kita tidak bisa mengetahuinya secara langsung seperti apa perwujudan aslinya.
        Maka dari itu sejarah merupakan suatu yang unik dan memiliki makna, tanpa adanya sejarah orang tidak bisa melakukan perubahan dan tidak dapat juga mengambil hikmah yang sudah berlalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar